Tingkatkan Keamanan Siber, Pustekkom – Pushansiber Siap Kolaborasi

0
109

Pustekkom Kemendikbud  mengunjungi Pusat Pertahanan Siber (Pushansiber) Kementerian Pertahanan. Rombongan diterima oleh Kepala Pusat Pertahanan Siber Kemenhan, Marsekal Pertama Raja H. Manalu beserta jajarannya pada Selasa (29/01/2019)

Dalam pertemuan tersebut, Raja menyampaikan bahwa Pushansiber menjadi sebuah lembaga khusus yang menangani ancaman siber di bidang pertahanan. Oleh karenanya, pihaknya memiliki infrastruktur terkait keamanan siber seperti laboratorium malware, pengujian dan monitoring dalam keamanan siber. “Harapannya kita dapat bersinergi dari SDM dan Infrastruktur yang kita punya demi keutuhan NKRI.” ujar Raja.

Kepala Bidang Pengembangan Jejaring, Pustekkom, M. Hasan Chabibie, yang juga ketua rombongan menyambut baik tawaran kerjasama yang ditawarkan Kepala Pushansiber. Ia juga menyampaikan agar Pushansiber dapat memberikan dukungan program Pustekkom terkait keamanan siber di bidang pendidikan.

Hasan menyampaikan tiga hal kepada Pushansiber  seperti memperkuat tim Educert Kemendikbud, ikut dalam penyelenggara seminar atau workshop, dan  membantu penyusunan kurikulum terkait keamanan siber yang kini sedang dalam penyusunan framework yang diberi nama Edusiber.

“Kami sangat bersyukur atas tawaran kerjasama yang diberikan oleh Pushansiber, kami berharap akan adanya kolaborasi dalam memperkuat keamanan siber terutama di bidang pendidikan. Terlebih lagi Pushansiber memiliki sumber daya yang cukup lengkap baik dari segi infrastruktur maupun SDM,” jelasnya.

Sedangkan di tempat terpisah Kepala Pustekkom, Bapak Gogot Suharwoto, Ph.D mengatakan, dirinya akan mendukung penuh program kerjasama ini agar memperkuat keamanan siber di terutama dalam meningkatkan pemahaman keamanan siber di kalangan siswa.

Artikel ini juga bisa dilihat di: http://jardiknas.kemdikbud.go.id/2019/01/tingkatkan-keamanan-siber-pustekkom-pushansiber-siap-kolaborasi/