Pustekkom Gelar Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk Jurnal Teknodik

0
935

Sebanyak 40 orang guru, akademisi, praktisi pendidikan, dan Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) mengikuti pelatihan penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk Jurnal Teknodik (Teknologi Pendidikan) yang digelar oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud). Bertempat di Hotel Bellevue Suite, Jakarta Selatan, pelatihan ini dilaksanakan dari tanggal 29-31 Agustus 2018.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaring karya-karya baru dan memotivasi penulis untuk mengirimkan artikel ilmiahnya ke Jurnal Teknodik (hhttp://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id). Peserta pelatihan merupakan penulis yang sebelumnya telah mengirimkan artikel dan lolos seleksi.

“Menurut saya pelatihan KTI ini sangat bagus, karena baru kali ini saya mengikuti pelatihan KTI yang benar-benar terkonsep dan dengan adanya diskusi dengan pembimbing, kami merasa lebih paham apa yang baik dan kurang dari artikel kami sehingga yang kurang dapat langsung kami perbaiki”, terang Adang Sutarman, salah satu peserta pelatihan dari SMPN 1 Pamarayan, Kab.Serang, Banten.

Contoh materi yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah “Cakupan Tema dalam Jurnal TEKNODIK” yang disampaikan oleh Dr. R Benny Agus Pribadi, M.A, “Pengertian, jenis, gaya selingkung artikel KTI Teknodik” oleh Bambang Warsita, “Beberapa cara/strategi/tips dalam menulis KTI” oleh Dr. Deni Dermawan, M.Si dan materi-materi terkait lainnya.

Jurnal Teknonik diterbitkan oleh Pustekkom Kemendikbud, sebagai wahana penelitian, pengembangan, dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan/pembelajaran. Untuk itu perlu ada pembekalan terlebih dahulu berupa pelatihan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan baik pengetahuan maupun ketrampilan dalam penulisan dan publikasi tulisan ilmiah ke Jurnal Teknodik.

Dari pelatihan ini dipilih 3 artikel terbaik. Mereka adalah juara 1 dengan judul “Aplikasi Strategi Pembelajaran Inside and Outside Circle untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Biologi Sel” oleh Effiyati Prihartini (MAN 20 Jakarta), juara 2 dengan judul “Implementasi Model Project Based Learning dalam Membina Karakter Disiplin” oleh Angger Saloko (FKIP UNILUS), dan juara 3 dengan judul “Penggunaan Akun Edmodo sebagai Upaya Mengurangi Dampak Negatif Media Sosial” oleh Muzanip Alperi dari LPMP Bengkulu. (Ajeng Dika Fortuningtyas)