Program Akses Internet USO Kemendikbud dan Kemkominfo

0
1489

img_20161025_1952361

Program Akses Internet USO (Universal Service Obligation) adalah program kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (dalam hal ini di lakukan oleh Pustekkom Kemendikbud) dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (dalam hal ini dilakukan oleh BPPPTI Kominfo). BPPPTI bertugas menyediakan layanan, Pustekkom bertugas dalam hal usulan sekolah, pemanfaatan/pelatihan, dan monev (monitoring dan evaluasi). Penerima bantuan USO tersebut diutamakan sekolah yang berada di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) atau yang biasa disebut dengan Sekolah Garis Depan.

Penerima bantuan USO akan mendapatkan pendampingan berupa pelatihan peningkatan kompetensi pemanfaatan TIK. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan jejaring dan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran di sekolah. Dengan hasil yang diharapkan yaitu 75 orang pengelola TIK/guru sekolah penerima bantuan program USO mampu mengelola dan menerapkan TIK dalam pembelajaran.

Untuk meninjau program USO beserta kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan, silahkan akses melalui http://sekolah.jardiknas.kemdikbud.go.id/ . Website tersebut juga sekaligus menjadi wadah Forum Sekolah Berbasis TIK, sehingga masyarakat dapat melihat kegiatan apa saja yang telah dilakukan oleh Kemendikbud dalam rangka pemanfaatan TIK untuk sekolah.