Pemetaan Sumber Daya TIK Kemendikbud

0
149

Pada hari Jumat, 25 Januari 2019 Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kemendikbud mengadakan diskusi terkait kebijakan layanan pada data center Kemendikbud di Kantor Kemendikbud, Senayan. Acara ini dihadiri oleh pengelola atau admin TIK dari satuan kerja di lingkungan Kemendikbud yang telah menggunakan layanan TIK Pustekkom (komputasi awan dan co-location) dan satuan kerja lain yang memiliki sumber daya TIK sendiri. Pertemuan ini dipimpin oleh Aries Setyo Nugroho, selaku Kepala Sub-Bidang Pengembangan dan Pemeliharaan dan Taufikurrahman Ginting, selaku Kepala Sub-Bidang Pengkajian dan Perancangan pada Bidang Pengembangan Jejaring Pustekkom Kemendikbud.

Selain membahas langkah optimalisasi layanan awan (cloud computing) kegiatan ini bertujuan untuk memetakan sumber daya TIK beserta potensi integrasi infrasktruktur TIK yang ada di lingkungan Kemendikbud. Diskusi diawali dengan evaluasi penggunaan layanan komputasi awan, dilanjutkan dengan paparan kondisi sumber daya TIK di masing-masing satuan kerja. Pada akhir pertemuan dihasilkan peta sumber daya TIK Kemendikbud yang nantinya akan dapat digunakan secara bersama-sama (resource sharing) untuk melayani layanan TIK Kemendikbud.

Selah satu sasaran pemetaan ini adalah untuk mendukung penyelenggaraan UNBK tahun ini. Memasuki tahun kelima sebanyak 77. 457 sekolah telah terdaftar sebagai peserta. Ke depannya Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) sebagai penanggung jawab penyelenggaraan UNBK diharapkan dapat memanfaatkan sumber daya TIK dari satuan kerja Kemendikbud yang telah dipetakan.

Penulis: Ali Warto

Editor: Hendri Puspa Martasari