Peluncuran FTV “Mondok” dan “Panggung Akhir Sekolah”

0
501

4

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan film televisi (ftv) bertema pendidikan karakter yang berjudul “Mondok” dan “Panggung Akhir Sekolah”, sekaligus dalam rangka memperingati hari ulang tahun Televisi Edukasi yang ke-12, Selasa (11/10).

Bertempat di kantor Pustekkom, Tangerang Selatan, peluncuran ftv ini disaksikan oleh ratusan peserta didik tingkat sekolah dasar, menengah dan para guru. Mereka juga diajak untuk nonton bareng (nobar) film hasil produksi Pustekkom tahun 2015 tersebut. Kepala Pustekkom, Ari Santoso, menyampaikan bahwa melalui ftv karakter positif dan kreativitas siswa dapat terbangun, “Penting bagi siswa untuk dapat mengakses konten-konten positif, dan itu yang disediakan oleh Pustekkom, baik lewat film maupun program lain di TV Edukasi atau portal Rumah Belajar,” ujarnya.

Acara nobar sendiri dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama (pagi hari) diperuntukkan bagi peserta didik Sekolah Dasar dan film yang ditonton adalah “Mondok”. “Mondok” berkisah tentang seorang anak bernama Reihan yang terpaksa dikeluarkan dari sekolah karena nakal dan akhirnya menjalani suka-duka di pesantren. Sedangkan sesi kedua (siang hari) diperuntukkan bagi peserta didik SMP dan SMA. Film yang diputar adalah “Panggung Akhir Sekolah”, berkisah tentang usaha sekelompok siswa yang tergabung di ekstrakulikuler (ekskul) kabaret untuk dapat mempertahankan ekskulnya sekaligus bisa lulus Ujian Nasional dengan nilai memuaskan.

Acara peluncuran dan nonton bareng ini menjadi salah satu dari rangkaian acara dalam rangka ulang tahun Televisi Edukasi. Acara lain seperti siaran langsung kuis On The Spot dari sekolah-sekolah di sekitar Tangerang Selatan dan talkshow  pendidikan diadakan 12 Oktober 2016.