Pelatihan TIK MGMP Sosiologi Kota Surakarta Bersama Duta Rumah Belajar

0
262

Dalam rangka menyongsong era pendidikan 4.0, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sosiologi Kota Surakarta menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kegiatan ini didukung oleh Balai Pengembangan Teknologi Informasi & Komunikasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah yang bekerja sama dengan Microsoft Indonesia, dengan mendatangkan Duta Rumah Belajar Provinsi Jawa Tengah, Fakhrudin Sujarwo.

Bertempat di SMA Negeri 7 Surakarta, kegiatan ini berlangsung dari Sabtu – Minggu, 2 – 3 Februari 2019, dengan diikuti oleh 35 peserta. Acara ini turut dihadiri oleh Koordinator Pengawas Sekolah karesidenan Surakarta, Tri Silawati dan Ketua MGMP Sosiologi Kota Surakarta, Sunarno.

Adapun materi pelatihan meliputi pemanfaatan aplikasi mobile Rumah Belajar, kelas digital menggunakan Microsoft Office Teams, kreasi Video Pembelajaran Animatif serta sosialisasi pemilihan Duta Rumah Belajar 2019.

Dalam sambutannya, Sunarno menyampaikan bahwa pelatihan semacam ini merupakan upaya peningkatan kompetensi dan skill guru. Pelatihan ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya diselenggarakan setelah sebelumnya dilaksanakan di SMA Taruna Nusantara Magelang dan SMAN 1 Jepon Blora, dengan mendatangkan Fakhrudin Sujarwo, yang sekaligus merupakan Duta Rumah Belajar Nasional Terkreatif 2018. Pelatihan ini masih akan berlanjut di SMA Muhammadiyah Sragen, SMAN 1 Parakan Temanggung, dan SMAN 1 Karangkobar Banjarnegara yang berlangsung hingga Maret 2019.

Harapannya setelah melaksanakan pelatihan ini, guru dapat mengimplementasikan TIK secara optimal dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Lebih jauh lagi untuk mendorong progresivitas guru dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Penulis : Fakhrudin Sujarwo

Editor: Hendri Puspa Martasari