Pelatihan Pemanfaatan TIK Guru-Guru di Tangerang Selatan

0
568

_mg_7457

Pustekkom sebagai salah satu unsur pendukung Kemendikbud di bidang pengembangan dan pendayagunaan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan dan kebudayaan, melaksanakan pelatihan  TIK untuk guru-guru. Pada kesempatan kali ini, fokus pelatihan adalah guru-guru di wilayah Tangerang Selatan.

Pelatihan ini berlangsung pada 27 – 28 Mei 2016 di Lantai 4, Graha Tama Pustekkom. Materi pelatihan disampaikan oleh Ita Utari dan Respati Hastomo selaku narasumber. Selanjutnya, pelatihan akan berlangsung sebanyak 6 angkatan untuk wilayah Tangerang Selatan hingga bulan September mendatang.

Salah satu poin utama dalam pelatihan kali ini adalah peningkatan kompetensi guru dalam pemanfaatan fasilitas portal Rumah Belajar, yang disediakan oleh Pustekkom Kemdikbud dalam menujang kegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Pendaftaran pelatihan ini dilakukan secara mandiri melalui pendaftaran online. Selain itu, peserta pelatihan juga dibina untuk membuat Rencana Pelaksana Pembelajaran (RPP) hingga bahan ajar presentasi berbasis multimedia dan web.

Meskipun panitia tidak menyediakan akomodasi dan transport, namun antusiasme dari peserta pelatihan tetap tinggi. Seperti yang diungkapkan oleh Ibu Nenden Hazrianthi seorang guru Bahasa Inggris dari SMPN 3 Tangerang Selatan, yang mengaku cukup terkesan dengan pelatihan ini. Menurut beliau, mata pelajaran seperti Bahasa Ingris pun akan menjadi lebih menarik dan menyenangkan dengan penggunaan TIK. Beliau juga menyampaikan rasa senang dan terima kasih atas fasilitas dan pelayanan yang diberikan panitia selama pelatihan.

Setelah menyelesaikan serangkaian pelatihan, peserta diapresiasi dengan sertifikat pelatihan bertaraf nasional. Kegiatan pelatihan guru dalam pemanfaatan TIK masih akan berlanjut di 34 provinsi Indonesia. Peserta dapat mendaftar melalui website http://belajar.kemdikbud.go.id/pelatihan.