Pelatihan Guru Pintar TIK Bagi Guru-Guru SMK Se-Jabodetabek

0
529

tik

Bertempat di Lantai 4, Graha Tama Pustekkom, pada tanggal 23-24 Juni 2016, Pustekkom kembali mengadakan pelatihan pendayagunaan TIK untuk guru-guru di wilayah Jabodetabek. Namun yang berbeda adalah peserta pelatihan kali ini dikhususkan untuk guru-guru SMK seluruh mata pelajaran.

Sama seperti pelatihan yang diadakan satu bulan sebelumnya, poin utamanya adalah peningkatan kompetensi guru dalam pemanfaatan fasilitas portal Rumah Belajar, namun kali ini dikhususkan pada pembuatan konten pembelajaran untuk siswa-siswi SMK. Materi mengenai perancangan media pembelajaran berbasis multimedia dan web, pengenalan media pembelajaran, serta praktek membuat media pembelajaran disampaikan oleh Hendriawan dan Bambang Adrianto selaku narasumber. Pelatihan ini dihadiri oleh 24 peserta yang sebelumnya mendaftar secara online melalui alamat https://belajar.kemdikbud.go.id/pelatihan.

Salah satu peserta, Sri Meladia, mengaku sangat senang dengan pelatihan TIK ini. Guru SMK PGRI 31 Legok, Banten, yang mengajar jurusan Administrasi Perkantoran ini sebelumnya bahkan berniat untuk mengikuti kursus TIK dengan biaya sendiri, untuk terus meningkatkan kompetensi dirinya. Saran Meladia, pelatihan ini agar dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan lebih banyak mentor, supaya peserta yang mengikuti sesi praktek tidak canggung untuk mengajukan banyak pertanyaan.

Kepala Pustekkom, Ari Santoso, menyampaikan harapan agar peserta dapat memberikan saran dan kritik yang membangun jika terdapat kekurangan pada portal Rumah Belajar. Selain itu, Ia juga menekankan para peserta untuk dapat membuat soal pertanyaan setelah membuat konten pembelajaran.