Partisipasi Duta Rumah Belajar Bali di Rapat Koordinasi Tahunan Ikatan Guru Indonesia

0
224

Duta Rumah Belajar Nasional 2018 Propinsi Bali, I Nyoman Haryantara, hadir pada acara Rapat Koordinasi Tahunan pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Bali, pada Selasa (06/02/2019) bertempat di Ruang Rapat Rumah Makan Wong Solo, Denpasar. Haryantara diundang langsung oleh Ketua IGI, I Wayan Suwirya, agar ke depannya berpartisipasi pada program ROSSI (Road Show School to School) untuk berbagi ilmu dalam rangka peningkatan kompetensi guru, salah satunya pemanfaatan Rumah Belajar (http://belajar.kemdikbud.go.id)

Sinergitas yang dilakukan oleh IGI Bali dengan Duta Rumah Belajar mendukung tujuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terutama Pustekkom, dalam meratakan akses Pendidikan melalui teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Haryantara memperkenalkan Rumah Belajar yang memiliki fitur interaksi antara siswa, guru, dan komunitas. Terlebih Rumah Belajar dapat dimanfaatkan secara gratis. Karenanya, IGI, salah satu organisasi profesi guru yang diakui oleh pemerintah, mendukung program peningkatan kompetensi guru semacam ini.

Pada saat mengenalkan Rumah Belajar, Haryantara menambahkan bahwa hasil program pembuatan konten pembelajaran yang diselenggarakan oleh IGI, dapat dipublikasikan Karya Komunitas atau Karya Guru. Sehingga semakin banyak referensi pembelajaran yang bisa dipilih oleh guru atau siswa.

Kehadiran Duta Rumah Belajar pada kegiatan IGI bukan kali pertama, Haryantara telah diundang di berbagai acara pelatihan guru lainnya di tingkat provinsi.

“Kehadiran saya disini, tidak memihak salah satu organisasi profesi guru yang ada. Saya hadir siap di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja asalkan mempunyai tujuan dan misi yang sama, yaitu sama – sama berbagi dalam peningkatan mutu pendidikan, berharap semua organisasi yang mempunyai kepedulian dalam pendidikan bisa bersatu dan berkolaborasi”, pungkas Haryantara, yang dikukuhkan menjadi Duta Rumah Belajar Nasional Provinsi Bali pada Oktober 2018 ini.

Penulis: I Nyoman Haryantara

Editor: Hendri Puspa Martasari