Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Singgah ke Pustekkom

0
171
Kamis, 16 Agustus 2018, GTK (Guru atau Tenaga Kependidikan) berprestasi berkesempatan mengunjungi Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kemendikbud. Sebanyak 51 peserta yang terdiri dari guru berprestasi jenjang pendidikan SD dan SMP melakukan kunjungan dalam rangka studi banding terkait produksi layanan Pustekkom.

Acara kunjungan ini disambut oleh Kepala Pustekkom, Gogot Suharwoto, yang menjelaskan mengenai pentingnya mengikuti perkembangan teknologi.

“Teknologi adalah suatu hal yang tidak akan pernah habis dimakan masa dan fungsi teknologi yang dapat berdampak besar pada proses pembelajaran,” ujar Gogot, yang juga mengajak guru–guru melibatkan diri pada teknologi pembelajaran, contohnya dengan mengunggah konten – konten pembelajaran di berbagai media daring seperti portal Rumah Belajar (belajar.kemdikbud.go.id) atau memanfaatkan TV Edukasi (tve.kemdikbud.go.id) dalam proses pembelajaran.

Gogot juga menambahkan bahwa perkembangan teknologi juga harus diantisipasi, seperti halnya kemudahan penyebaran hoax atau konten negatif.

Usai arahan dan sambutan, guru – guru diajak untuk meninjau studio produksi konten pembelajaran, seperti studio dan Master Control Room TV Edukasi, serta Helpdesk Pustekkom. Guru-guru diberi kesempatan untuk bertanya secara langsung terkait proses produksi, bahkan guru juga antusias untuk bertanya terkait fungsi alat-alat yang ada di studio produksi tersebut.

Pada akhir acara, Neti dan Aprizal, guru berprestasi dari Provinsi Sumatera Barat dan Aceh, mewakili seluruh peserta menuturkan kegembiraan mereka yang mendapatkan kesempatan mengunjungi Pustekkom. Mereka berharap ke depannya program layanan Pustekkom tetap menjaga komitmennya dalam mengedukasi melalui teknologi pembelajaran dan terus menjangkau layanannya sampai ke daerah–daerah yang jauh dari perkotaan. (Annisa Arifiana/Hendri Puspa Martasari)